Bisakah Backlink Tingkatkan Branding? Yuk, Cek Faktanya!
Punya bisnis atau situs web? Kalau begitu, jangan sampai lupakan branding! Menurut Cambridge Dictionary, branding, atau yang juga disebut penjenamaan, merupakan tindakan berupa pemberian simbol atau desain tertentu pada perusahaan yang bertujuan mengiklankan produk atau jasanya.
Branding sangat krusial bagi sebuah bisnis karena pengaruh keseluruhannya yang berdampak pada perusahaan. Dengan adanya branding, perspektif orang-orang terhadap merekmu bisa berubah. Selain itu, tindakan ini juga dapat mengantarkanmu pada peluang bisnis baru dan meningkatkan nilai merek.
Salah satu teknik penjenamaan yang paling sering dilakukan di zaman kemajuan teknologi informasi seperti sekarang ialah branding melalui SEO. Teknik ini dapat diterapkan dengan beragam trik, salah satunya, dengan memakai backlink.
Namun, benarkah backlink efektif untuk branding? Simak faktanya berikut ini dengan saksama!
Keharusan Melakukan Branding yang Lebih Baik

Salah satu tugas dari manajemen merek dan bagian pemasaran adalah terus mencari cara untuk melakukan branding yang lebih baik. SEO berperan besar dalam membangun kesadaran merek (brand awareness) perusahaan. Hal ini berbanding lurus dengan kebutuhan akan pemasar digital yang mampu menciptakan stretegi SEO yang jitu, baik untuk lokal maupun global.
Majunya perkembangan teknologi membuat algoritma mesin penelusuran lebih cerdas, lebih kompleks, dan lebih fokus pada pengguna. Setiap merek yang bersaing di pasar internasional kini harus bersaing di tengah ruang lingkup internet yang ramai. Meskipun begitu, SEO tetap menjadi primadona yang bisa menaikkan eksistensi merek du antara para kompetitor.
Menurut Pendiri dan Konsultan SEO di Rank Tree, Hunter Branch, SEO memberikan berbagai pengaruh bagi kesadaran merek. Dia bekerja sebagai guru kepenulisan sejak 2017 bersama seorang klien penting. Ketika baru mulai bekerja, klien tersebut sudah menjadi penulis yang sukses, tetapi tidak memperoleh traffic web yang besar. Sang klien mendapatkan sekitar 20 ribu pengunjung organik per bulan dan kebanyakan berasal dari pencarian nama atau karyanya.
Setelah itu, sang klien bertransisi menjadi guru kepenulisan daring. Hunter dan kliennya memutuskan untuk mengimplementasikan strategi konten SEO yang lengkap nan ampuh. Berkat itu, sang klien memperoleh pengunjung organik sebanyak 140 ribu per bulan. Bukan hanya jumlah yang menjadi fokus, tetapi sang klien dikenal luas sebagai guru kepenulisan daring terbaik.
Bagaimana Cara Melakukan Branding Melalui SEO?
Nah, melihat pengaruh fantastis yang ditimbulkan oleh SEO terhadap kesadaran merek, tentunya amat menarik untuk mempelajarinya lebih lanjut. Bagaimana caranya? Simak penjelasan berikut ini.
1. Bangun Konten yang Berkualitas
Penting untuk memastikan supaya konten buatanmu tetap segar dan berkualitas tinggi. Konten yang teroptimisasi memberikan lebih banyak data dan acuan. Selain itu, jenis konten yang dicari target audiensmu juga sangat berpengaruh terhadap kesadaran merek.
Menurut Wakil Pimpinan Komunitas di ContentKing, Steven van Vessum, membuat konten “top-of-the-funnel” alias konten yang dicari orang-orang di tahap awal petualangannya sebagai pelanggan mampu meningkatkan brand awareness. Salah satu konten yang dimaksud, antara lain, artikel perbandingan beberapa produk.
Kamu dapat memperbarui konten di situs web agar dapat menjangkau audiens. Pastikan pula untuk menghapus konten yang tidak relevan dengan merek. Jangan sampai menyia-nyiakan perjuangan dan reputasimu dengan menyajikan konten yang “enggak nyambung”.
Menurut Direktur Manajemen di MINUTTIA, Georgios Chasiotis, SEO yang dahulu mengutamakan peletakan kata kunci, saat ini berubah menjadi intensi penelusuran. Identifikasi intensi pencarian dan memuaskan audiens dengan konten yang bernilai adalah salah satu hal terpenting sekarang.
2. Bangun backlink dengan cermat
Selanjutnya adalah membangun backlink. Tak dimungkiri, proses link building biasanya memakan waktu yang lama. Namun, jangan lupakan fakta bahwa jumlah angka domain rujukan yang menaut ke sebuah halaman berkorelasi dengan SERP (Search Engine Results Pages) yang lebih tinggi. Tentu saja, semakin tinggi tingkat hasil peneulusuran, makin naik pula kesadaran merek perusahaan di mata audies tertarget.
Baca juga: Berapa Banyak Backlink yang Dibutuhkan Website Anda?
Nah, bagaimana cara memperoleh backlink yang ampuh? Menurut Ahli Strategi Pemasaran Konten du Compose.ly, Joyce Chou, konten berkualitas tinggi menjadi jawabannya. Joyce Chou menunjukjan bahwa konten seperti templat gratis unduh atau panduan komprehensif di situs webnya berhasil mendaratkan tautan-tautan sukses. Baik melalui jangkauan surel, guest post, atau bahkan tautan alami.
Kemudian, membangun backlink bisa digabungkan dengan pemasaran offline. Pemasaran ini dapat dilakukan melalui pidato, membuat sponsor untuk acara-acara yang relevan, mengirim kartu ucapan kepada klien yang loyal atau partner bisnis, serta membuat penataan letak iklan yang kreatif.
Berikut adalah beberapa manfaat yang diperoleh dari pembangunan backlink:
- Mempertahankan otoritas merek
Google memandang backlink sebagai tanda bahwa sebuah situs web menyuguhkan informasi yang dinilai menarik dan bermanfaat oleh audiens. Tidak hanya memberikan tautan berkualitas tinggi yang membantu strategi SEO, backlink juga memberikan keyakinan lebih pada orang-orang untuk mengunjungi situs webmu.
Perlahan, audiens akan mulai melihatmu sebagai sumber informasi yang kredibel di antara industri dan komunitas terkait merekmu. Dengan kredibilitas tersebut, akan sangat mudah untuk menghasilkan backlink organik, yaitu banyak situs web yang menautkan kontenmu tanpa membuatmu bersusah payah.
- Menciptakan kesadaran dan pengenalan merek
Peningkatan kesadaran merek menjadi inisiatif utama dari pemasaran yang sukses. Berkat strategi backlink, brand awareness dapat dikembangkan nyaris tanpa usaha keras. Ada sebuah situs web terkenal di industrimu yang menyisipkan tautan ke kontenmu, kemudian pembaca mengekliknya? Hal inilah yang membuat pengunjung situs mulai mengasosiasikan merek dengan topik yang relevan dengan produk atau jasamu. Ketika itu terjadi, kamu tahu bahwa langkah yang diterapkan sudah tepat.
- Membantu mengantarkan lebih banyak lalu lintas ke situs webmu
Bukan hanya pencarian internet yang mendatangkan seseorang ke situs webmu. Lalu lintas rujukan, atau orang-orang yang mengeklik tautan dari sumber konten lain dan tiba di situs webmu, juga memberikan traffic yang menjanjikan.
Backlink bisa menjadi tambang emas bagi lalu lintas situs web. Sebuah tautan yang ada di situs-situs populer dapat berlanjut menaikkan traffic selama bertahun-tahun. Taktik ini berhasil dengan baik karena lalu lintas yang diperoleh benar-benar tertarget. Orang-orang yang diarahkan ke situs webny tahu pasti apa yang mereka harapkan dari situs webmu dan memilih untuk mengunjunginya. Tidak perlu pula mengundi nasib dengan pencarian berbayar!
- Membantu membangun hubungan baru
Pembaca yang mengikuti tautan dalam konten bermanfaat dari situs webmu cenderung tertarik untuk mempelajari lebih lanjut tentang merekmu. Terkadang, hal ini mendorong mereka untuk bertindak secara terukur selama berada dalam situs web. Sederhananya, audiens berpotensi berlangganan dengan pembaruan situs web, mencatat situs web ke dalam markah buku (bookmark), atau berhubungan dengan merek melalui jejaring sosial.
Ternyata, branding melalui SEO dengan backlink sangat efektif dan efisien, ya? Tak mengherankan jika membangun konten dan backlink menjadi fokus utama branding di masa serbateknologi ini. Yuk, aplikasikan pranala balik sebagai bagian dari strategi SEO-mu!
Leave a Reply
Want to join the discussion?Feel free to contribute!