fbpx

Bagi Anda yang sudah lama berkutat atau pernah berkecimpung di dunia SEO (Seach Engine Optimization), istilah backlink tentu sudah akrab di telinga. Sebenarnya apa itu backlink dan bagaimana membedakannya dengan link jenis lain?

Jika dilihat dari sisi terminologi dasarnya, backlink merupakan tautan apa saja yang diterima sebuah node web pada halaman, direktori, maupun domain tingkat atas. Secara sederhana, backlink adalah tautan yang diarahkan pada situs yang menjadi sumber link-nya—baik itu aktif atau tidak.

Dalam istilah SEO, backlink juga dikenal sebagai inbound link atau tautan eksternal (pranala luar). Dalam sebuah situs, backlink biasanya menautkan antara satu halaman situs dengan halaman lainnya. Kadang, backlink yang berasal dari situs pihak ketiga juga bisa digunakan untuk mengarahkan orang yang mengekliknya ke situs Anda dan juga sebaliknya.

Dalam pemasangan backlink, Anda bisa menjadi pemberi atau penerima backlink. Apabila Anda meletakkan tautan situs lain ke dalam salah satu halaman atau konten yang ada di website Anda, artinya posisi Anda adalah sebagai pemberi backlink. Sebaliknya, jika Anda menjadi pihak yang situsnya ditautkan ke halaman milik orang lain, maka posisi Anda adalah penerima backlink. Proses dalam memberi dan menerima backlink ini disebut dengan backlink building.

Backlink merupakan salah satu faktor penting yang menentukan peringkat SEO Anda. Jika ingin menaikkan traffic kunjungan situs, Anda perlu memperhatikan lebih jauh tentang tautan eksternal ini. Google sendiri mengonfirmasi pada tahun 2016 silam bahwa salah satu komponen yang menjadi bahan penilaian saat membuat peringkat situs adalah dengan melihat backlink yang ada.

Tautan eksternal penting dalam SEO karena menjadi penjamin sekaligus meningkatkan kepercayaan pengunjung pada isi konten situs Anda. Intinya, tautan balik yang dibuat orang lain ke situs Anda adalah penanda bagi mesin pencari bahwa orang lain mempercayai isi dari situs Anda. Makin banyak situs yang menautkan halaman mereka ke web yang sama, mesin pencari akan menyimpulkan bahwa konten tersebut memang layak dijadikan backlink dan layak muncul di SERP (Search Engine Results Pages). Lewat backlink inilah, Anda bisa menaikkan peringkat situs dan search visibility di mesin telusur.

Lantas, apa yang membedakan backlink dengan internal link? Meskipun sama-sama berbentuk tautan, backlink atau external link berbeda dengan internal link. Jika backlink menautkan halaman situs ke situs lain, internal link dibuat dengan menautkan satu halaman situs dengan halaman lain yang ada di domain yang sama. Internal link digunakan untuk mempermudah mesin pencari melihat indeks dan struktur website secara menyeluruh.

DAFTAR ISI
  1. Fungsi Backlink
  2. Bagaimana Cara Mesin Pencari Google Bekerja?
  3. Jenis-jenis Backlink yang Perlu Diketahui
  4. Dofollow vs Nofollow Backlinks
  5. Mitos tentang Backlink yang Harus Diketahui
  6. Bagaimana Cara Membangun Backlink yang Berkualitas
  7. Membangun Backlink dari Blogging
  8. Memilih Jasa Backlink

Fungsi Backlink

Sebagai salah satu komponen yang sangat penting bagi kinerja situs, backlink memiliki beberapa fungsi sebagai berikut:

1. Membantu Google/Search Engine Menentukan Peringkat Website

Peringkat website pada halaman pencari adalah kunci untuk mendatangkan traffic organik. Google sebagai salah satu search engine terbesar di dunia pada 2016 mengonfirmasi bahwa backlink adalah salah satu faktor utama yang bisa menentukan peringkat situs seseorang.

Dalam SEO offsite, jika posisi situs Anda sebagai penerima backlink, ini bisa meningkatkan kredibilitasnya di mata mesin pencari. Singkatnya, ketika banyak situs yang merujuk ke situs Anda, artinya informasi atau konten yang ada memang bisa dipertanggungjawabkan dan sesuai dengan kebutuhan pembaca.

Perlu diketahui bahwa banyaknya situs yang menautkan link-nya ke website Anda tidak menjadi jaminan bagi website tersebut akan berada di halaman pertama pencarian. Kualitas dari situs yang memberi backlink juga menjadi pertimbangan bagi mesin pencari. Jadi, walaupun Anda sudah punya backlink di 100 situs kecil, situs tersebut mungkin akan kalah dengan situs lain yang memiliki 50 backlink dari situs-situs besar.

2. Memberikan Referral Traffic

Referral traffic merupakan istilah untuk jumlah kunjungan ke situs Anda yang dirujuk dari situs lain yang asalnya bukan dari mesin pencari. Ketika salah satu halaman situs Anda dijadikan backlink dan orang yang mengunjunginya mengeklik tautan tersebut dan mereka sampai ke situs Anda, inilah yang disebut referral traffic. Dengan menjadi penerima backlink, Anda bisa meningkatkan jumlah referral traffic.

Lalu, apa pentingnya referral traffic bagi situs Anda? Referral traffic memungkinkan Anda mendapatkan pengunjung yang memang sesuai dengan target audiens. Misalnya saja, situs Anda menggunakan niche bisnis. Situs yang akan menjadikan salah satu halaman Anda sebagai backlink tentu punya niche serupa atau sejenis. Ini berpotensi mendatangkan pengunjung baru yang mungkin akan menjadi pengunjung tetap di masa depan.

3. Membantu Google Menemukan Pages Website dengan Cepat (Google Indexing Process)

Indexing merupakan salah satu proses yang dilakukan oleh mesin pencari seperti Google untuk menemukan situs Anda. Apabila sebuah situs tidak terindeks, Google tidak akan bisa menemukannya dan peringkatnya tidak akan naik.

Halaman yang sudah diindeks oleh Google artinya sudah dikunjungi oleh crawler atau Googlebot. Setelah halaman ditemukan, Google akan mencoba memahami isi dari situs Anda kemudian menyimpan data-data yang ada di dalamnya. Tujuannya adalah agar ketika ada pencarian yang keyword-nya relevan dengan konten Anda, halamannya akan muncul di SERP dan peringkatnya bisa naik.

Salah satu cara agar situs Anda cepat terindeks oleh Google adalah dengan memanfaatkan link building. Jika salah satu halaman Anda menerima backlink dari situs lain yang domain authority-nya lebih tinggi, proses indexing bisa berjalan lebih cepat. Anda bisa meletakkan link situs Anda ke forum besar seperti Reddit dan Kaskus.

4. Meningkatkan Domain Authority sebuah Domain Website

Domain authority (DA) merupakan sebuah indikator tingkat kepercayaan sebuah blog atau situs. Dibuat oleh perusahaan pengembang perangkat lunak Moz, DA diukur dengan menggunakan rujukan dari mesin pencari atau pengguna.

Salah satu cara untuk meningkatkan DA adalah dengan menggunakan backlink. Ketika situs Anda di-klik orang lain melalui halaman situs lain yang berkualitas, ini bisa meningkatkan kepercayaan mesin pencari terhadap situs Anda. Pada akhirnya, ketika ada user yang melakukan pencarian dengan keyword yang tersedia dalam data situs Anda, mesin pencari akan menampilkannya pada halaman depan. Untuk membangun backlink ini, Anda bisa melakukannya dengan meninggalkan komentar di situs atau blog besar (blogwalking).

5. Menjadikan Situs Sebagai Sumber Directory Jangka Panjang

Internet merupakan sumber informasi dan data yang sifanya dinamis. Isi di dalamnya akan terus tumbuh dan bertambah setiap harinya. Dengan adanya backlink situs Anda di website-website populer, akan terbentuk direktori dan sumber daya link yang akan mendatangkan traffic ke situs Anda dalam jangka panjang.

6. Branding

Bagi Anda yang baru saja membuka blog atau situs, baik untuk tujuan memberikan informasi atau untuk berjualan produk, backlink bisa menjadi cara yang bagus untuk branding sekaligus promosi. Ketika Anda menjadi penerima backlink, tautan ke situs Anda akan muncul dari halaman situs lain. Ini akan mendatangkan traffic. Ketika pengunjung sudah sampai ke situs Anda, akan lebih mudah menggiring mereka untuk melakukan apa yang Anda inginkan (misalnya membeli produk atau memesan jasa).

Makin banyak orang yang menggunakan tautan ke situs Anda, makin banyak ‘vote’ dari mesin pencari. Artinya, peluang kemunculan website Anda di halaman awal pencarian juga akan makin besar. Ini bisa menjadi sarana branding yang bagus untuk bisnis Anda.

Bagaimana Cara Mesin Pencari Google Bekerja?

Logo Google

Google adalah mesin pencari yang memiliki kemampuan luar biasa. Tanpa mesin telusur seperti Google dan sejenisnya, hampir mustahil bagi kita menemukan informasi apa pun yang kita butuhkan. Seperti mesin pencari lainnya, Google juga menggunakan cara kerja tertentu berupa algoritma untuk memunculkan hasil yang diinginkan oleh pengguna. Jadi, bagaimana Google menentukan apa yang ingin ditampilkan pada laman pencarian?

1. Memunculkan Situs dengan Topik yang Relevan

Anggaplah Anda sedang mencari informasi tentang sepak bola dan mengetikkan kata ‘sepak bola’ pada kolom pencarian. Ketika menekan enter, Anda akan menemukan deretan situs-situs yang terkait dengan pencarian yang Anda lakukan. Kadang pencarian ini bisa menghasilkan puluhan halaman hingga ratusan halaman (tergantung kata kunci yang diketikkan).

Bagaimana cara Google memutuskan situs mana yang akan muncul dan mana yang akan menjadi bagian dari halaman pertama dan seterusnya? Caranya adalah dengan melakukan indexing pada situs-situs yang ada. Sama halnya seperti saat kita membuat indeks buku-buku di perpustakaan, indexing yang dilakukan oleh Google bertujuan untuk mendata konten yang ada di sebuah situs untuk dimasukkan dalam indeks. Artinya, ketika sebuah situs tidak masuk indeks Google, situs tersebut juga tidak akan muncul pada halaman pencarian.

Google menggunakan sebuah program otomatis yang disebut spider atau crawler. Sama seperti search engine lain, Google juga menyimpan indeks kata kunci yang banyak. Yang membedakan Google dengan situs pencari lain adalah bagaimana peringkat kata kunci dalam pencarian menentukan urutan hasil yang ditampilkan oleh Google di halaman mesin pencari (SERP). Google menggunakan algoritma khusus yang disebut PageRank. PageRank digunakan untuk memberikan skor relevansi pada setiap halaman web.

2. Backlink dari Website dengan (Domain atau Page) Authority yang Baik

Keberadaan backlink sangat penting bagi mesin pencari dan end user. Bagi Google misalnya, tautan balik ini akan membantu menentukan seberapa otoritatif dan relevan sebuah situs pada topik tertentu yang masuk ke dalam ranking. Selain itu, adanya tautan balik akan memberikan sinyal kepada Google bahwa ada web eksternal lain yang setuju dengan konten milik Anda.

Ketika banyak situs menautkan ke halaman web milik Anda (terutama situs-situs besar dengan domain authority yang baik), Google akan menafsirkan bahwa situs Anda memiliki konten yang layak untuk ditautkan. Ini berdampak pada nilai SERP yang lebih tinggi. Efeknya, Google akan menampilkan halaman situs Anda pada bagian paling depan—bahkan paling atas dari pencarian. Ini juga menjadi metode penting bagi Google untuk menampilkan sebuah hasil pencarian.

Jenis-jenis Backlink yang Perlu Diketahui

Melakukan backlink building tidak bisa dilakukan sembarangan. Membangun tautan dengan situs populer dengan domain authority yang baik akan memainkan peran dalam performa SEO Anda. Ini juga menentukan penempatan halaman situs Anda di mesin pencari. Jika ada backlink yang bisa mendukung reputasi dan peringkat situs, sebaliknya ada juga yang justru menghambat SEO Anda.

Agar lebih memahami mana backlink yang bisa memberikan keuntungan dan mana yang tidak, simak jenis-jenisnya berikut ini!

1. Editorial Backlinks

Editorial backlink adalah salah satu jenis backlink yang paling berguna untuk meningkatkan kinerja SEO Anda. Penyebutan editorial yang merujuk ke situs Anda dengan menyertakan tautan dalam konten yang relevan dan berkualitas akan menjadikannya backlink yang ideal.

Biasanya editorial backlink ini dibuat ketika konten dalam situs Anda dikutip sebagai sumber informasi tertentu (misalnya penelitian atau infografis). Saat salah satu perwakilan dari perusahaan Anda diwawancarai dan situs perusahaan dimasukkan sebagai backlink, ini juga akan memberikan nilai tambah pada performa SEO situs Anda.

Untuk menarik pihak lain menggunakan situs Anda sebagai editorial backlinks, buatlah konten yang menarik dan menunjukkan status Anda sebagai trendsetter dalam tema tersebut. Dengan cara ini, situs dan brand Anda akan menjadi sumber referensi bagi pihak lain. Membuat konten yang berpotensi menjadi viral juga bisa menjadi cara menarik backlink editorial ke situs Anda.

2. Guest Blogging Backlinks

Guest blogging atau posting tamu adalah proses menulis blog untuk dipublikasikan ke situs lain. Ini adalah metode yang tepat untuk mendapatkan backlink dari situs tempat tulisan Anda diposting ke web pribadi Anda. Dalam hal ini, situs tempat Anda menulis akan memasang backlink ke situs Anda dengan imbalan artikel yang Anda buat.

Tautan bisa diletakkan di berbagai bagian dalam postingan. Anda juga bisa menempatkannya di badan artikel dengan kata kunci atau frasa yang berhubungan. Cara yang sama juga dilakukan oleh penulis yang kerap memasukkan link di bio yang dilampirkan pada akhir artikel.

3. Backlink in Business Profile

Membuat profil digital untuk merek Anda di situs daftar bisnis, media sosial, direktori industri, maupun situs ulasan akan memberikan kesempatan untuk memosting backlink. Cara ini adalah fondasi penting dalam membangun SEO. Pasalnya, mesin pencari akan melihat entri ini sebagai bukti bahwa situs Anda memang tepercaya dan memiliki posisi yang kuat (well established).

4. Backlink from Webinar

Webinar maupun rekamannya menawarkan konten yang sangat berharga untuk ditautkan ke sebuah situs. Berbagai website sering menyematkan webinar di halaman mereka sendiri bersama dengan tautan yang menyebutkan merek dari perusahaan penyedia webinar tersebut.

Lalu, bagaimana cara Anda mendapatkan backlink dari webinar ini? Anda harus memosting rekaman webinar yang Anda buat dalam bentuk rekaman sehingga orang bisa menautkannya. Jika mereka menganggap konten yang ada di dalamnya layak dibagikan, mereka tidak akan segan menautkannya ke halaman situs dan konten milik mereka.

5. Free-tool Backlink

Hampir semua orang akan tertarik pada sesuatu yang gratis. Cara ini bisa Anda lakukan untuk menarik perhatian orang untuk memberikan backlink ke situs Anda. Menawarkan alat atau tools penting secara gratis adalah metode yang bagus untuk mendapatkan backlink yang bertahan lama pada SEO.

Anda bisa membuat kalkulator biaya yang praktis bagi orang-orang yang bekerja dalam industri yang sama dengan Anda atau menyediakan versi lite dari software yang Anda tawarkan. Untuk mendorong orang lain memberikan backlink, promosikan tools tersebut dengan situs yang memiliki target audiens serupa dengan Anda.

6. Acknowledgment Backlinks

Sebuah situs sering memberikan kredit berupa tautan balik ketika sebuah merek memberikan donasi atau ada salah satu perwakilan perusahaan yang menjadi pembicara atau sponsor dalam acara tertentu.

Bagaimana cara Anda menemukan situs potensial yang mau memberikan acknowledgment backlink untuk Anda? Lihat pesaing Anda dan cari tahu dari mana mereka mendapatkan backlink. Dari sini, Anda bisa menyusun strategi dan menemukan celah potensial untuk mendapatkan pengakuan sendiri.

7. Guest Post Bio Backlinks

Tidak semua situs memperkenankan penulis tamunya menyematkan tautan balik pada konten yang dipasang di situs mereka. Ini bisa diakali dengan menggunakan guest post bio backlinks. Bagaimana caranya? Alih-alih meletakkan tautan situs Anda pada badan konten, tulis pada bio penulis. Meskipun letaknya tidak langsung di dalam konten editorial, backlink ini tetap akan mendatangkan manfaat positif untuk situs Anda.

8. Badge Backlinks

Badge backlink atau tautan lencana ini sangat populer di kalangan blogger. Ini biasanya dibuat sebagai bentuk pengakuan atau penghargaan Anda terhadap sebuah situs dalam kapasitas tertentu di bidangnya. Memberikan lencana atau penghargaan kepada brand lain bisa menjadi cara cerdas untuk mendapatkan tautan balik ke situs Anda.

Langkah awal yang bisa Anda lakukan adalah mencari daftar situs teratas yang sesuai dengan niche atau bisnis Anda. Berikan penghargaan kategori tertentu pada situs-situs itu. Anda harus cukup kreatif untuk membuatnya. Ketika situs-situs ini menampilkan badge yang Anda buat di situs mereka, Anda akan mendapatkan tautan balik ke website atau blog pribadi Anda sebagai imbalan.

Agar program ini lebih terarah, gunakan SEO tools untuk mengenali situs yang memiliki audiens sama dengan Anda. Hal ini penting dilakukan agar program pemberian lencana yang Anda buat bisa berhasil.

9. Press Release Backlinks

Ketika perusahaan Anda memiliki pengumuman penting yang ingin disampaikan pada khalayak, menulis press release bisa menjadi salah satu taktik marketing yang jitu. Tidak hanya itu, dari sini Anda juga bisa menciptakan banyak backlink dari press release yang sudah dipublikasikan.

Kebanyakan perusahaan hanya menerbitkan press release yang dimuat di media lain tanpa ada nilai SEO-nya. Jika memiliki koneksi yang baik dengan jurnalis, press release bisa meningkat value-nya jika dimuat dalam bentuk lain.

Ketika press release diterbitkan dalam bentuk lain, tulisan ini tidak lagi menjadi sekadar press release tetapi berubah menjadi artikel yang siap dipublikasikan. Jurnalis yang membuatnya biasanya akan memasukkan backlink ke dalam artikel-artikel ini. Lagi pula, mereka menulis berita yang melibatkan sebuah perusahaan (dalam hal ini adalah perusahaan Anda) sehingga masuk akal jika memasukkan backlink ke dalamnya. Bahkan dari perspektif editorial, menuliskan tautan situs perusahaan adalah hal wajar untuk publikasi artikel yang informasinya berasal dari press release.

10. Comment Backlinks

Kebanyakan situs blog maupun forum dilengkapi dengan kolom komentar di bagian bawah. Fitur ini disediakan oleh pemilik situs untuk mengundang audiens menuliskan pendapat terkait konten yang mereka buat. Anda mungkin pernah melihat bagaimana para pengunjung situs menyematkan tautan pada tulisan yang mereka buat. Jika diklik, tautan ini akan membawa Anda ke halaman situs orang yang memberi komentar. Komentar semacam ini disebut dengan comment backlinks.

Bagi yang masih pemula dalam SEO, membuat comment backlink mungkin terdengar mudah dan andal untuk memperoleh tautan. Cara ini banyak digunakan di masa-masa awal SEO. Namun seiring berjalannya waktu, penggunaan comment backlink tidak lagi semudah dahulu. Pasalnya, menuliskan terlalu banyak tautan justru akan membuat mesin pencari mengenalinya sebagai spam.

Agar tetap bisa dimanfaatkan, tuliskan komentar yang baik dan relevan pada konten lalu masukkan backlink yang memang memiliki hubungan dengan isi percakapan. Kalau sampai tautan yang ditulis berubah menjadi spam, ini akan merusak reputasi situs Anda di mesin pencari. Karena itu, berhati-hatilah dan jangan menggunakannya secara berlebihan.

Selain jenis-jenis backlink yang bisa mendatangkan manfaat untuk strategi SEO Anda, ada juga backlik yang bisa memberikan dampak sebaliknya. Backlink semacam ini sebaiknya dihindari agar tidak berdampak buruk pada peringkat pencarian situs Anda. Apa saja?

  • Link bayaran. Memperjualbelikan tautan untuk dijadikan backlink adalah sebuah tindakan yang tidak dibenarkan. Ini bisa berdampak secara signifikan pada peringkat situs Anda.
  • Backlink dalam press release yang tidak punya nilai berita (tidak newsworthy). Meski bisa dimanfaatkan untuk backlink building, membuat press release yang hanya bertujuan untuk membuat backlink adalah praktik spam. Ini bisa berdampak negatif pada kinerja SEO Anda.
  • Link yang tidak relevan. Menautkan banyak link terutama dari sumber atau direktori yang tidak dapat dipercaya dan tidak relevan juga bisa dideteksi sebagai spam dan bisa merusak performa SEO yang sudah Anda susun.
  • Tautan forum yang dibuat sembarangan. Banyak orang memanfaatkan forum untuk menyebarkan tautan situs mereka. Ini sebenarnya tidak bisa dilakukan sembarangan. Pastikan Anda hanya menautkan link pada forum yang memiliki kualitas tinggi untuk mendapatkan kenaikan peringkat seperti yang diharapkan. Mengirimkan tautan spam ke forum-forum adalah tindakan yang berbahaya untuk SEO Anda.

Dengan mengetahui jenis-jenis backlink, Anda bisa menentukan jenis backlink mana yang sebaiknya Anda gunakan dan mana yang tidak. Langkah ini penting untuk memastikan optimasi SEO yang Anda buat sesuai dengan yang direncanakan.

Dofollow vs Nofollow Backlinks

Saat mempelajari tentang penggunaan backlink, Anda akan menemukan istilah dofollow backlink dan nofollow backlinks. Penggunaan kedua backlink ini akan memberikan dampak berbeda pada situs Anda. Apa sebenarnya perbedaan antara keduanya?

Apa itu Dofollow Backlinks?

Tidak ada definisi yang spesifik untuk menjelaskan apa itu dofollow. Pada dasarnya, dofollow hanya menggambarkan status default untuk sebuah tautan. Dengan kata lain, semua tautan yang tidak diberi atribut nofollow adalah tautan dofollow.

Ketika sebuah situs menautkan salah satu konten Anda dengan menggunakan tautan standar alias dofollow, ini secara langsung dapat memengaruhi peringkat situs Anda di mesin pencari.

Bagaimana Dofollow Backlink Berpengaruh pada Peringkat Situs?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, mesin pencari seperti Google akan melakukan crawling melalui tautan dofollow untuk membuat daftar tentang siapa yang menautkan ke siapa. Hubungan semacam ini akan meningkatkan otoritas situs yang oleh pakar SEO disebut dengan ‘link juice’ dari satu situs ke situs lain.

Misalnya saja, ada sebuah situs besar yang memiliki PageRank tinggi membuat tautan ke salah satu halaman Anda. Mesin pencari kemudian akan melihat situs Anda memiliki reputasi yang baik dan ini bisa meningkatkan PageRank Anda. Di saat yang sama, peringkat situs Anda juga akan meningkat di mesin pencari.

Bagaimana Cara Membuat Dofollow Backlinks?

Saat Anda menautkan sebuah link baru ke situs Anda, biasanya secara default itu akan menjadi dofollow backlinks. Pernahkah Anda melihat ada situs lain yang membuat tautan ke halaman situs Anda dengan menggunakan nofollow? Jika ya, Anda mungkin berharap agar atributnya diganti menjadi dofollow. Sayangnya, untuk mengganti atribut tersebut, Anda harus menghubungi pemilik situs.

Perlu diingat bahwa tidak semua tautan nofollow itu buruk untuk situs Anda. Ada baiknya Anda mengetahui apa alasan penggunaan nofollow links sebelum meminta pemilik situs mengganti atributnya.

Apa Itu Nofollow Links?

Bagi para pengguna situs biasa, dofollow backlink dan nofollow backlink akan terlihat sama saja. Namun untuk nofollow links, biasanya ada sebuah atribut kecil berupa kode yang jika dilihat akan terbaca rel= “nofollow”.

Menurut Google, nofollow backlink tidak akan memengaruhi PageRank dari situs yang ditautkan. Artinya, kalau ada situs yang menautkan web Anda dengan menggunakan nofollow backlinks, peringkat situs Anda tidak akan terpengaruh.

Opsi nofollow backlink ini diperkenalkan pertama kali pada 2005 oleh Googlers ternama, yakni Matt Cutts dan Jason Shellen, untuk mencegah komentar spam. Adanya tautan nofollow akan membuat praktisi SEO yang tidak bertanggungjawab memanfaatkan kolom komentar dari situs yang memiliki otoritas tinggi untuk memperoleh keuntungan.

Beberapa tautan yang biasanya menggunakan atribut nofollow adalah komentar blog, media sosial, forum, konten bersponsor, dan widget. Jadi, kalau Anda berencana meningkatkan domain authority dari sitsu Anda dengan menggunakan backlink building, jangan menghabiskan terlalu banyak waktu untuk meninggalkan komentar di situs dengan otoritas tinggi.

Meski tidak memberi pengaruh langsung pada peringkat situs Anda, jangan langsung menghindari nofollow backlinks. Menuliskan tautan di situs-situs besar yang menggunakan atribut nofollow juga bisa menjadi sarana mumpuni untuk meningkatkan awareness terhadap brand Anda.

Mitos tentang Backlink yang Harus Diketahui

Mitos tentang Backlinks

Meski memiliki banyak kegunaan, masih banyak informasi yang simpang siur terkait penggunaan backlinks. Sebagian informasi yang salah ini ada yang memang berasal dari rumor, tetapi ada juga yang berubah karena adanya pembaruan. Untuk itu, simak beberapa mitos yang paling sering dilakukan oleh pemilik situs terkait backlink yang mereka gunakan.

1. Mengabaikan Nofollow Backlinks

Sekilas, penggunaan nofollow backlink terkesan tidak memiliki manfaat. Untuk apa menaruh tautan di halaman situs yang jelas-jelas tidak akan memberikan peningkatan pada situs Anda? Ini adalah pemikiran yang salah.

Seiring berjalannya waktu, aturan Google mengenai penentuan peringkat situs makin kompleks. Dari tahun ke tahun, algoritma Google terus mengalami perubahan. Bergantung hanya kepada dofollow links sama sekali bukan strategi yang bagus untuk meningkatkan peringkat situs Anda. Karena itu, Anda perlu tahu bagaimana memperoleh manfaat dari penggunaan nofollow backlinks.

Banyak orang yang mungkin bertanya-tanya kenapa ada situs yang menggunakan nofollow link? Atribut nofollow ada untuk memerangi komentar spam yang selama bertahun-tahun menjadi masalah di berbagai situs. Sebelum adanya tautan nofollow, banyak orang yang membuat komentar spam untuk berbagi tautan. Langkah ini dapat secara dramatis memengaruhi hasil mesin telusur dan pada akhirnya berdampak negatif pada situs yang seharusnya punya peringkat bagus.

2. Penalti karena Menerima Terlalu Banyak Backlinks

Banyak pemilik situs yang percaya bahwa menggunakan terlalu banyak backlink atau menjadi penerima backlink dari banyak situs sekaligus bisa membuat Anda terkena penalti. Menurut algoritma yang dikeluarkan oleh Google, menerima terlalu banyak backlink tidak akan menyebabkan sebuah situs kena penalti.

Lalu, apa yang sebaiknya dihindari saat membuat backlink agar tidak kena penalti? Hindari toxic backlinks. Ada beberapa sebab yang bisa membuat backlink berbahaya untuk sebuah situs:

  • Skor kepercayaan domain yang rendah. Ini bisa dilihat dari jumlah tautan balik dari domain tepercaya ke domain yang menyediakan tautan balik. Peringkat rendah berarti skor domain situs mungkin meningkat dengan cara yang tidak semestinya.
  • Mirrored pages. Jika ada halaman serupa di beberapa situs yang tertaut ke situs Anda dari teks utama yang sama, mesin pencari akan mendeteksinya sebagai skema backlink building yang dibuat-buat.
  • Page layout. Jika rasio yang terlihat pada HTML rendah, halaman yang ditautkan mungkin dianggap berkualitas buruk.

Ketika Anda memiliki toxic link atau tautan yang buruk, Anda bisa kena penalti. Ini secara langsung akan membuat peringkat situs menurun. Kesempatan konten Anda untuk ditemukan juga akan menurun. Lebih buruknya lagi, situs Anda mungkin akan hilang dari indeks Google. Artinya, orang tidak akan bisa menemukannya lagi lewat mesin pencari.

3. Hanya Mencari Situs dengan DA yang Tinggi

Memiliki backlink di situs dengan domain authority (DA) yang baik tentu saja akan mendatangkan manfaat untuk situs Anda. Namun, jangan hanya menggunakan metrik ini saat melakukan backlink building. Kepercayaan ini membuat orang berasumsi bahwa situs atau blog yang DA-nya rendah tidak bagus untuk backlink building.

Nyatanya, itu tidak sepenuhnya benar. Google justru lebih mudah curiga pada situs yang memiliki DA tinggi. Ketika ada backlink di dalamnya, ada dugaan isi konten kemungkinan tidak relevan. Dalam kasus seperti ini, melakukan backlink building dengan situs yang punya DA rendah justru lebih baik. Kenapa? Karena bagi Google isinya mungkin lebih relevan dengan yang diinginkan oleh pencari.

4. Backlink Adalah yang Paling Penting

Semua orang yang membangun website pasti ingin SEO yang dijalankannya memiliki performa maksimal. Adanya backlink memang bisa membantu SEO Anda lebih maksimal, tetapi kalau menganggap backlink adalah yang paling penting, maka Anda salah kaprah.

Mengapa? Google memiliki banyak sekali metrik atau indikator yang bisa membuat sebuah situs memperoleh PageRank yang tinggi. Google sendiri biasanya melakukan pembaruan-pembaruan secara berkala terkait indikator yang mereka gunakan untuk menentukan peringkat sebuah situs.

Ada berbagai faktor yang menentukan tingkat keberhasilan SEO Anda. Berikut beberapa di antaranya:

  • Keamanan Situs

Situs yang dianggap aman adalah situs yang menggunakan enkripsi HTTPS dan hampir 40% situs yang masuk di halaman pertama pencarian adalah situs yang menggunakan enkripsi ini. Pada 2015, Google menyatakan bahwa situs yang menggunakan HTTPS bisa meningkatkan peringkat secara signifikan. Anggaplah situs Anda memiliki kesamaan dari segi kecepatan, isi konten, dan lain sebagainya. Jika situs Anda menggunakan enkripsi HTTPS dan kompetitor Anda tidak, Google akan menempatkan situs Anda di peringkat yang lebih tinggi.

  • Kualitas Konten

Anda mungkin pernah mendengar ungkapan “Konten adalah raja”. Sampai saat ini, ungkapan tersebut masih berlaku. Pengalaman pengguna adalah prioritas utama Google. Kuncinya adalah membuat konten berkualitas yang mudah ditemukan dan dipahami pengguna.

  • Panjang Konten

Google memang tidak secara resmi memberitahukan persyaratan tentang panjang konten Anda agar bisa diindeks. Namun berdasarkan data, Google cenderung memberikan peringkat lebih tinggi pada situs yang memiliki konten panjang. Dalam 10 hasil teratas pencarian kata kunci apapun di Google, hasil yang muncul adalah konten yang memiliki panjang setidaknya 2.000 kata.

  • Gambar yang Optimal

Tidak bisa dimungkiri bahwa gambar adalah informasi visual yang mudah dipahami. Meskipun pendekatan tersebut berhasil untuk manusia, gambar masih sulit dipahami oleh mesin telusur. Solusi SEO untuk menambahkan foto tanpa kehilangan peluang untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi adalah memastikan Anda mengoptimalkan foto di situs Anda.

  • Situs yang Mobile-friendly

Pengguna ponsel pintar yang tumbuh makin pesat ternyata turut memengaruhi perubahan dalam algoritma Google menilai sebuah situs. Meski masih dalam tahap perencanaan, indeks baru Google ini akan dilakukan dengan melakukan crawling pada situs dengan format mobile, bukan desktop. Google memang masih menguji ini, tetapi tampaknya hanya tinggal menunggu waktu sampai indikator ini resmi digunakan. Karena itu, tidak ada salahnya mempersiapkan situs Anda agar ramah pengguna mobile.

  • Pencarian dengan Suara dan Digital Assistant

Menurut Google, 1 dari 5 penelusuran yang dilakukan oleh pengguna internet saat ini dilakukan dengan menggunakan suara dan digital assistant. Fokuslah untuk menggunakan long-tail keyword karena ini akan lebih menguntungkan situs Anda dalam pencarian.

  • Kecepatan Loading Halaman

Kecepatan loading halaman situs tidak hanya berdampak besar pada pengalaman pengguna. Google sendiri sudah mengonfirmasi bahwa speed loading adalah salah satu faktor yang mereka gunakan untuk memberikan peringkat pada situs Anda.

  • Usia Domain

Berdasarkan algoritma Hummingbird yang dikeluarkan oleh Google, umur domain ternyata juga berpengaruh pada peringkat sebuah situs. Umur domain yang dianggap bagus adalah 1 tahun. Lalu, apakah domain baru tidak punya kesempatan untuk naik peringkat? Tentu saja bisa. Caranya adalah dengan membuat konten yang berkualitas, menyediakan user experience yang baik, serta memiliki strategi promosi yang benar.

Selain mempertimbangkan faktor lain, penggunaan backlink juga harus dilakukan dengan cermat. Kalau Anda hanya berpatokan pada backlink dan melakukan backlink building dengan cara yang salah, SEO Anda justru akan membuat peringkat situs Anda terperosok.

5. Menganggap Google Penguin Sebagai Hukuman

Dari waktu ke waktu, algoritma yang digunakan Google untuk menampilkan hasil pencarian sebuah website terus mengalami perubahan. Pembaruan ini dilakukan agar perangkat yang dipakai selalu sesuai dengan konten teranyar di internet. Google biasanya memberikan nama untuk masing-masing algoritma yang dibuatnya. Ada Google Panda, Hummingbird, Pigeon, dan Google Penguin.

Google Penguin sendiri merupakan algoritma yang pasti akrab dengan praktisi SEO. Diumumkan pertama kali pada tahun 2021, Penguin dikenal sebagai algoritma yang memburu backlink berkualitas buruk. Situs yang terbaca oleh algoritma ini biasanya akan mengalami penurunan peringkat di situs pencari. Karena itu, banyak orang yang menganggap bahwa adanya Google Penguin adalah sebuah bentuk hukuman.

Pada dasarnya, Google Penguin memiliki dua tugas utama. Pertama adalah menangani masalah skema backlink. Pembuatan backlink dengan teknik yang curang dan tidak sesuai dengan Panduan Google Webmaster biasanya akan terpengaruh oleh Google Penguin.

Beberapa jenis backlink yang dianggap melanggar adalah tautan yang didapat dengan membeli atau melalui pertukaran yang tidak wajar. Backlink yang dibuat menggunakan backlink generator juga akan terbaca sebagai pelanggaran oleh Google Penguin. Namun, benarkah adanya Google Penguin ini sebagai bentuk hukuman?

Ini tidak sepenuhnya benar. Ketika sebuah situs terdeteksi oleh Google Penguin, pemilik bisa melakukan recovery atau pemulihan. Proses pemulihan ini melibatkan beberapa proses mulai dari revisi konten (jika terdeteksi ada keyword stuffing) dan melakukan pembersihan backlink. Untuk membersihkan backlink yang memiliki pengaruh buruk, Anda bisa menggunakan backlink checker.

Langkah selanjutnya adalah dengan disavow backlinks. Fitur ini tersedia dalam layanan Google dan akan memudahkan semua pemilik situs melakukan disavow pada tautan-tautan yang dicurigai memberi pengaruh buruk pada peringkat situs.

Langkah-langkah pemulihan dari Google Penguin ini sangat mudah dan tidak bisa dikatakan sebagai sebuah bentuk hukuman. Ini adalah cara bagi para praktisi SEO white hat untuk membuat situs dan konten berkualitas sesuai dengan pedoman yang disarankan oleh Google.

6. Meminta atau Saling Tukar Backlink adalah Tindakan Spam

Banyak pemilik situs yang saling bertukar backlink dengan harapan bisa meraih kenaikan peringkat bersama-sama. Banyak orang yang percaya bahwa melakukan backlink building dengan cara saling tukar tautan bisa dikenali sebagai tindakan spam oleh Google. Ini sebenarnya tidak sepenuhnya benar.

Exchanging links adalah cara yang banyak dilakukan bahkan oleh situs-situs besar sekalipun. Ini sama sekali bukan tindakan yang dilarang asal dilakukan sesuai dengan Panduan Google Webmaster. Cara melakukan pertukaran tautan adalah tidak melakukannya secara berlebihan. Biasanya Google bisa membaca exchanging links yang dilakukan secara natural melalui algoritmanya.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Ahrefs menemukan bahwa pertukaran link secara timbal balik ternyata hal yang lumrah dilakukan. Studi ini melibatkan 140.000 domain acak yang memiliki setidaknya 10.000 kunjungan organik setiap bulannya. Artinya, situs-situs ini memiliki kinerja yang cukup baik dan disukai oleh Google (bukan situs lama, usang, dan tidak pernah dikunjungi).

Dari studi ini ditemukan bahwa sebanyak 74% situs memiliki memiliki reciprocal links dan 27% web punya setidaknya 15% overlap antara backlink yang mereka buat dengan situs yang menjadikan halaman mereka sebagai backlink. Artinya, 15% ini setara dengan link exchange. Ini menjadi bukti bahwa saling memberi backlink itu tidak akan membuat situs berkinerja buruk.

Meski belum ada situs yang kena penalti karena melakukan exchanging links, Anda perlu hati-hati dalam melakukannya. Alih-alih fokus pada pertukaran tautan, sebaiknya Anda lebih mementingkan relevansi dari backlink yang Anda terima dan Anda berikan.

7. Guest Posting tidak Diperbolehkan Oleh Google

Guest posting sempat menjadi cara yang populer untuk mendapatkan backlink ke situs Anda. Banyak orang yang menganggap bahwa guest posting sudah tidak relevan dan bisa berkontribusi buruk pada proses backlink building yang dilakukan. Ini tidak benar.

Mesin pencari tidak akan menghukum sebuah situs dari guest posting yang relevan dengan isi situsnya. Guest posting yang menggunakan nofollow links bisa memberikan manfaat secara tidak langsung dalam digital marketing Anda. Cara ini juga akan menaikkan visibilitas merek Anda sekaligus mendatangkan traffic dari sumber ini.

8. Backlink adalah tentang Membangun Link yang Banyak

Backlink building lebih dari sekadar memperbanyak link yang tertaut ke halaman situs Anda dan membuat peringkatnya naik di halaman pencari. Membangun link bisa memberikan keuntungan lain seperti meningkatkan visibilitas brand Anda di internet, meningkatkan traffic ke situs Anda, serta menunjukkan value serta otoritas dari brand Anda.

9. Membuat Backlink ke Money Pages Saja

Money pages yang dimaksud adalah halaman yang secara spesifik ingin Anda konversi, baik untuk meningkatkan penjualan atau untuk tujuan lain. Anda pasti ingin semua pengunjung menemukan halaman tersebut agar konversi yang Anda inginkan tercapai. Namun, kalau Anda berpikir untuk menggunakan halaman tersebut secara agresif sebagai backlink, ini sama artinya dengan bunuh diri.

Mengapa?

Kenyataannya, ketika Anda ingin orang yang mengunjungi situs Anda melakukan sesuatu (misalnya membeli atau mengisi survei), Anda tidak bisa langsung meminta orang menjadikannya sebagai backlink. Ini akan dianggap spam dan kurang etis untuk dilakukan.

Jika ingin menggunakan salah satu halaman sebagai tautan, money pages biasanya bukan halaman yang direkomendasikan. Webmaster jauh lebih mungkin menautkan ke halaman dengan informasi yang bermanfaat atau infografis yang memiliki desain menarik, bukan pada halaman yang langsung menampilkan produk atau layanan Anda.

Membangun link ke halaman yang memiliki value tinggi tidak hanya akan meningkatkan peluang bagi pengunjung untuk menemukan money pages Anda, tetapi juga meningkatkan traffic situs Anda dalam jangka panjang.

10. Membuat Backlink Hanya dengan Kata Kunci Utama Saja

Beberapa mitos terkait backlink biasanya tidak sepenuhnya karangan orang. Ada beberapa di antaranya yang memang fakta dahulu, tetapi sekarang sudah tidak berlaku lagi. Salah satunya adalah dengan membuat backlink hanya pada kata kunci utama saja.

Dalam praktik SEO dahulu, membuat backlink pada kata kunci utama yang menjadi target memang merupakan cara yang baik. Ini termasuk dengan menjejalkan kata kunci sebanyak-banyaknya.

Seiring berjalannya waktu, praktik SEO ikut berubah. Ketika Google melihat profil backlink yang hanya menggunakan beberapa variasi teks backlink, Anda mungkin akan kena penalti karena itu dianggap sebagai spam. Algoritma Google juga akan menganggap backlink semacam ini tidak alami. Perlu diketahui bahwa kualitas tautan itu jauh lebih penting ketimbang teks tautan yang menyertainya.

Mengoptimalkan tautan dengan kata kunci utama memang penting. Namun, perlu diingat bahwa cara terbaik adalah dengan melakukan distribusi teks tautan yang beragam.

Bagaimana Cara Membangun Backlink yang Berkualitas

Ada banyak praktisi SEO black hat yang siap membantu untuk meningkatkan peringkat situs Anda melalui backlink. Namun, selalu ada alasan kenapa praktisi black hat dikatakan melakukan praktek ‘hitam’. Ini karena strategi yang mereka gunakan terlalu berisiko, tidak etis, bahkan kadang tidak bisa benari-benar menaikkan peringkat situs Anda.

Mereka biasanya akan menautkan situs Anda ke website lain yang memiliki domain authority rendah, mengandung spam, bahkan tidak aktif sama sekali. Menautkan halaman Anda ke salah satu situs seperti ini bisa membuat peringkat Anda dalam bahaya.

Taktik yang digunakan oleh praktisi SEO black hat adalah mengecoh mesin pencari agar membuat kinerja sebuah situs menjadi lebih baik dari yang seharusnya. Awalnya, Anda mungkin akan menikmati ‘kemenangan’ sesaat. Namun, ketika mesin pencari mendeteksi kejanggalan, Anda harus bersiap dengan berbagai konsekuensi—mulai dari penurunan peringkat hingga penghapusan dari indeks.

Lalu, apa yang bisa dilakukan untuk membangun backlink yang berkualitas tanpa harus membuat kecurangan sama sekali?

1. Membangun Hubungan Baik dengan Pembaca atau Pelanggan

Membangun hubungan baik dengan pengunjung situs Anda adalah cara paling alami yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan backlink berkualitas. Saat orang tidak tahu siapa Anda, mereka tidak akan membuat tautan ke situs Anda.

Meski tidak secara langsung menaikkan peringkat Anda di pencarian, langkah ini bisa menjadi fondasi yang kuat untuk membangun kesuksesan. Salah satu cara untuk mulai membangun hubungan dengan pelanggan Anda dan mengokohkan diri sebagai pakar dan trendsetter dalam industri yang Anda jalankan adalah dengan aktif di media sosial.

Menjadi aktif di media sosial tidak perlu terlalu kaku. Anda bisa mempertahankan personality dan memasukkan pemikiran yang sifatnya pribadi dalam setiap posting media sosial yang Anda buat. Langkah ini banyak dilakukan oleh para influencer dan bisa Anda manfaatkan juga untuk membangun link organik ke situs Anda.

Dengan aktif di media sosial, Anda bisa berinteraksi dengan banyak orang. Tidak hanya dengan mereka yang berada dalam industri sama, tetapi juga orang-orang yang menekuni profesi berbeda. Ini bisa membuka kesempatan bagi Anda untuk menjadi guest blog dan memperoleh peluang kerja sama lainnya.

Guest blogging secara khusus bisa menjadi tempat membangun backlink. Anda juga bisa menunjukkan kemampuan di bidang yang Anda geluti ketika orang-orang mulai menuliskan pertanyaan atau komentar di bawah posting yang Anda buat.

Selain itu, media sosial juga bisa membantu Anda membangun email list. Dengan email list yang besar, makin banyak peluang hubungan yang bisa dijalin. Artinya, lebih banyak lagi kesempatan untuk Anda mendapatkan backlink dari mereka.

Membangun hubungan baik dengan pengunjung situs juga berkaitan dengan tingkat kepercayaan mereka terhadap situs Anda. Cara termudah untuk melakukannya adalah menempatkan diri dalam perspektif audiens Anda.

Apa yang mereka butuhkan dari Anda? Bagaimana Anda mengantisipasi saat mereka tidak sepaham dengan Anda? Hal ini harus dipikirkan dan dipertimbangkan dengan baik agar Anda memperoleh kepercayaan pengunjung atau pelanggan situs Anda.

Secara ringkas bisa disimpulkan bahwa membangun backlink bisa dilakukan dengan cepat dengan membangun hubungan baik (dengan orang-orang). Makin banyak Anda terhubung dengan orang lain di media sosial atau email, makin besar peluang Anda membangun backlink yang berkualitas.

2. Membuat Konten yang Berkualitas

Sebagian besar marketer menganggap bahwa strategi SEO dan content marketing adalah dua hal yang berbeda. Pada kenyataannya, keduanya saling terkait dan ada untuk saling melengkapi.

Tanpa adanya konten berkualitas tinggi, Anda tidak akan bisa merasakan manfaat penuh dari strategi SEO yang digunakan. Konten yang relevan dan bermanfaat di situs Anda akan memotivasi orang lain untuk berkunjung, bahkan berlangganan dalam jangka panjang. Ini bisa memberikan dampak positif pada peringkat pencarian Anda.

Pada dasarnya, SEO, konten, dan backlink berkualitas harus saling melengkapi. Sebagai pemilik situs, Anda harus memahami bahwa ketiganya bekerja saling melengkapi. Lalu, bagaimana caranya Anda meningkatkan kualitas konten Anda? Simak ulasannya berikut ini!

  • Identifikasi Masalah yang Menjadi Kerisauan Banyak Orang

Salah satu cara membuat konten yang berkualitas adalah dengan melihat apa yang mungkin menjadi masalah atau isu yang mengganggu bagi para pembaca Anda. Untuk mengetahui hal apa yang sedang ramai diperbincangkan, Anda bisa membaca kolom komentar blog, membuka forum dan situs tanya jawab, mengecek ulasan buku, mengulas email dari para pembaca, mengadakan survei untuk para subscriber, dan lain sebagainya.

  • Pertajam Topik

Konten terbaik sekalipun tidak akan bisa menjawab semua kegelisahan pembaca Anda. Fokus pada bagian yang menjadi keahlian Anda dan tawarkan solusi dengan konten yang Anda buat. Cara mudah menentukan fokus adalah dengan mengecek topik yang menarik bagi pembaca Anda. Cek apa yang sedang ramai diperbincangkan dan pastikan konten sejenis sudah ada. Ingat, makin tinggi kompetisi, artinya makin besar minat publik pada tema tersebut.

  • Evaluasi Kompetisi

Postingan Anda pasti bukan konten pertama yang akan mengangkap topik tersebut. Lakukan riset untuk melihat konten yang mengangkat isu sejenis. Teliti apa kekurangannya dan cari kesempatan untuk mengambil celah.

  • Buat Perbedaan

Topik yang sedang ramai dibicarakan biasanya sangat kompetitif. Buat konten dengan menggunakan pendekatan yang berbeda. Anda bisa memilih media atau angle yang belum digunakan orang. Ini akan membuat konten Anda menonjol dibanding pesaing yang ada.

  • Ciptakan Keterlibatan Pembaca

Pembaca yang terlibat (enganged audience) adalah mereka yang terikat dengan apa yang Anda tulis dan katakan. Anda bisa meninggalkan sebuah pertanyaan di ujung konten, membuat pembukaan yang menarik, dan lain sebagainya.

  • Tambahkan Gambar atau Video

Kita semua tahu bahwa setiap orang memiliki cara belajar yang berbeda-beda. Ada yang lebih paham saat melihat dan ada juga yang akan lebih cepat mengerti ketika mendengar. Tulisan saja kadang tidak cukup untuk menyampaikan maksud Anda. Karena itu, menambahkan ilustrasi visual lain juga perlu.

Anda bisa memasukkan foto, video atau diagram ke dalam konten Anda. Ini bisa membantu mengilustrasikan poin yang ingin disampaikan. Tidak peduli apa pun yang Anda tulis, pastikan Anda menyertakan foto (kecuali yang Anda tulis adalah buku).

3. Membuat Infografis yang Menarik

Selain artikel, konten yang biasa dimuat dalam sebuah situs bisa berbentuk infografis. Infografis sendiri merupakan informasi yang disajikan dalam bentuk visualisasi berupa gambar-gambar dengan teks yang ringkas dan padat. Dalam beberapa tahun terakhir, metode memberikan informasi dalam bentuk infografis makin populer.

Apa pengaruh konten infografis bagi sebuah situs? Menurut survei yang dilakukan oleh Unbounce, website yang menggunakan infografis sebagai konten akan memperoleh 12% traffic yang lebih tinggi ketimbang yang tidak. Kenapa bisa begitu?

Ini karena cara kerja otak manusia. Pada dasarnya, otak kita memiliki ketertarikan yang besar terhadap elemen-elemen yang ada dalam infografis. Elemen tersebut berupa angka, storytelling (cerita), dan grafik (gambar). Rangkuman dari elemen-elemen tersebut tidak hanya lebih menarik secara visual, tetapi juga lebih mudah dipahami karena lebih terstruktur.

Sebuat konten infografis dikatakan menarik apabila:

  • Menampilkan informasi yang menarik dan faktual
  • Memiliki struktur yang baik sehingga mudah dipahami
  • Menggunakan desain yang bagus. Desain ini termasuk pemilihan ukuran file infografis yang ingin ditampilkan, pemilihan font, hingga warna dan layout-nya.

Meskipun berupa grafik, penulisan teks juga memiliki peran penting agar informasi bisa tersampaikan dengan baik. Pastikan teks yang ditulis ringkas, padat, dan jelas agar mudah dicerna oleh pembaca.

Untuk memperoleh gambaran umum tentang cara membuat infografis yang menarik, simak langkah-langkahnya berikut ini.

  1. Tentukan Tema

    Menentukan tema atau topik adalah hal yang paling krusial dalam pembuatan infografis. Agar lebih mudah dalam menentukan tema, cari tahu apa yang sedang dibutuhkan oleh audiens Anda? Kegelisahan apa yang sedang dihadapi? Apa solusi yang ingin Anda tawarkan lewat infografis tersebut

  2. Tentukan Audiens

    Sama halnya dengan konten seperti artikel atau video, infografis juga biasanya ditargetkan untuk audiens tertentu. Menentukan audiens akan mempermudah Anda menentukan gaya bahasa dan desainnya.

    Jika audiens yang Anda targetkan masih berusia muda, desain dengan gaya yang ringan dan fun lebih sesuai digunakan. Sebaliknya, jika infografis yang ingin ditampilkan adalah konsumsi orang dewasa, gaya bahasa dan gaya desainnya harus dibuat sesuai dengan targetnya.

  3. Kumpulkan Referensi

    Menemukan referensi adalah bagian paling krusial dari pembuatan infografis sebab inilah inti yang akan diserap. Gunakan berbagai sumber yang kredibel mulai dari internet, buku, atau data yang Anda cari sendiri ke lapangan. Data yang bersifat statistik dan survei juga sebaiknya disertakan (kalau ada). Jika sumbernya berasal dari luar, jangan lupa cantumkan pada bagian paling bawah infografis.

  4. Buat Visualisasinya

    Setelah seluruh informasi yang ingin disajikan lengkap, saatnya memecah informasi ke dalam bentuk visual. Ada beberapa cara yang bisa dipilih untuk menyajikan data Anda. Caranya bisa dilakukan dengan metode inform (memberikan informasi), compare (membandingkan data yang satu dengan data lainnya), change (menunjukkan perubahan, biasanya ini dibuat untuk konten yang memuat kronologi), organize (digunakan untuk memuat informasi yang sifatnya berurutan seperti pola atau siklus), relationship (digunakan untuk menggambarkan hubungan yang kompleks), dan explore (biasanya digunakan untuk infografis yang interaktif dan kompleks).

  5. Membuat Layout

    Dengan merancang layout Anda bisa membuat desain yang seimbang untuk setiap komponen yang ada mulai dari gambar, teks, maupun diagram. Pastikan Anda membuat urutan informasinya dari kiri ke kanan sesuai dengan arah gerakan mata kita saat membaca.

  6. Manfaatkan Template Infografis

    Bagi Anda yang tidak begitu mahir soal desain, merancang sendiri layout infografis mungkin akan memakan waktu lebih lama. Untuk mengatasinya, gunakan template gratis yang tersedia di internet. Anda hanya tinggal mengganti jenis tulisan, menambah teks, dan lain sebagainya tanpa harus mengubah layout yang ada. Setelah selesai, Anda tinggal mengunduhnya saja.

  7. Berikan Sentuhan Akhir

    Agar infografis tampil makin menarik, Anda bisa memberikan sentuhan akhir dengan berbagai gaya. Anda bisa mengubah font-nya, mengubah warna, hingga memberikan negative space (area kosong) agar desain infografis Anda tidak tampak terlalu penuh.

4. Menulis Testimoni atau Ulasan

Menulis testimoni atau review untuk produk atau layanan lain dalam industri sejenis mungkin terdengar berlawanan dengan prinsip bisnis Anda. Anda mungkin berpikir bahwa cara ini akan membuat kompetitor punya kesempatan lebih besar untuk mencuri klien atau pelanggan Anda. Dari segi SEO, cara ini justru bisa menjadi kesempatan untuk melakukan backlink building.

Beberapa situs menyediakan kolom testimoni yang memberikan kesempatan kepada penulisnya untuk menyertakan tautan ke situs pribadi mereka. Meski seolah-olah Anda sedang membantu bisnis lain untuk mendapatkan keuntungan, pada dasarnya ini juga bisa membantu menaikkan peringkat situs Anda.

5. Membuat Komentar di Situs yang Relevan

Beberapa tahun yang lalu, banyak orang sengaja menuliskan komentar di postingan blog orang lain. Tujuannya hanya satu, yaitu agar bisa menuliskan tautan situs pribadi mereka dan melakukan backlink building. Pada akhirnya, banyak komentar yang sifatnya spam, tidak berkualitas, dan sama sekali tidak memberikan informasi yang relevan dengan topik dalam postingan.

Untuk menghindari praktik jahat ini, banyak blog yang kemudian menyertakan atribut nofollow pada kolom komentar mereka. Hal ini dilakukan untuk membuat tautan yang ditulis di sana tidak mendapatkan SEO value apapun. Lalu, bagaimana saat ini? Apakah membuat komentar pada situs atau blog masih berguna untuk meningkatkan performa SEO? Jawabannya: masih.

Menuliskan komentar pada blog masih cukup berpengaruh dalam meningkatkan peringkat sebuah website. Namun, ada berbagai pertimbangan yang harus diperhatikan—termasuk sumber penempatan backlink. Jangan hanya berfokus pada situs yang memiliki kolom komentar dofollow atau memiliki domain authority yang tinggi. Ada baiknya Anda juga memerhatikan relevansi komentar yang ditulis dengan konten yang dikomentari.

Untuk membangun backlink yang berkualitas, tinggalkan komentar yang bisa memberi kontribusi pada komunitas. Hindari terlalu fokus pada anchor text, tetapi kualitas dari komentar yang ditulis. Langkah ini dilakukan untuk menghindari dugaan spammer dari mesin pencari. Jika terdeteksi spam, komentar Anda bisa dihapus.

Hal lain yang tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah pastikan Anda meletakkan backlink hanya pada konten yang memiliki niche serupa (atau setidaknya mendekati). Jika tidak bisa, temukan blog yang punya otoritas tinggi. Selagi Anda berpatokan pada kriteria di atas, backlink Anda akan baik-baik saja dan bisa mendatangkan peningkatan performa SEO.

6. Menautkan Link ke Situs Lain

Menautkan link ke situs lain sama dengan memberikan backlink kepada orang lain. Namun, kenapa kita harus menghabiskan waktu melakukannya. Anda mungkin menganggap ini adalah cara untuk membantu mereka (orang yang Anda tautkan situsnya) untuk meningkatkan SEO. Namun pada dasarnya, Anda juga bisa mendapatkan manfaat serupa.

Menautkan situs orang lain adalah cara untuk memberitahu pemilik situs bahwa Anda menikmati konten yang mereka buat. Karena itulah, Anda membagikan tautannya pada situs Anda. Interaksi semacam ini akan mendatangkan value yang bagus untuk Anda. Tidak hanya bisa meningkatkan brand awareness, tetapi juga membangun hubungan dengan orang lain. Jika pemilik situs menyambut baik langkah yang Anda lakukan, rasanya hanya tinggal menunggu waktu sampai mereka memberikan tautan balik ke situs Anda.

7. Pentingnya Sinyal Sosial

Kalau Anda sedang merencanakan backlink building dan melesatkan peringkat situs Anda, memperhatikan sinyal sosial adalah keharusan. Sinyal sosial ini adalah cara berkomunikasi dengan mesin pencari seberapa aktif dan seberapa update situs Anda. Makin aktif situs Anda, makin baik pula peringkatnya.

Banyak situs yang tertinggal dari segi peringkat menggunakan metode sinyal sosial untuk mendapatkan kembali peringkatnya. Sinyal sosial bisa diberikan melalui berbagai media sosial yang ada, mulai dari Facebook, Twitter, Instagram, Pinterest, hingga LinkedIn. Jika konten Anda dianggap menarik, orang-orang di media sosial akan dengan senang hati membagikannya.

Google sendiri melakukan kerja sama dengan Twitter untuk menambahkan hasil tweet ke pencarian lewat search engine. Ini adalah bukti bahwa sinyal sosial makin penting dalam menentukan peringkat pencarian. Sinyal sosial yang relevan meliputi:

  • Jumlah tweet, retweet dan popularitas orang yang men-tweet
  • Jumlah share di Facebook
  • Mention di situs komunitas seperti Reddit, Stumbleupon, dan Tumblr juga memengaruhi pencarian halaman situs Anda.

Sinyal sosial yang meningkat menunjukkan domain authority yang baik dan nilai URL yang tinggi. Ketika sejumlah besar pengguna berbagi dan menyukai sebuah halaman, ini menunjukkan bahwa halaman tersebut asli dan berisi konten yang substantif atau menghibur.

Mengapa Anda memerlukan sinyal sosial?

  • Meningkatkan peringkat situs Anda dan menambah traffic kunjungan
  • Ketika traffic meningkat, keuntungan akan makin besar.
  • Sebagai bentuk upaya membangun backlink
  • Mengembangkan otoritas media sosial
  • Tidak ada risiko penalti dari Google.
  • Mampu memikat pelanggan baru

Itulah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk membangun backlink yang berkualitas. Dengan dukungan backlink building yang baik, performa SEO juga akan meningkat diikuti dengan kenaikan peringkat situs Anda di halaman pencarian.

Membangun Backlink dari Blogging

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, guest posting adalah salah satu cara untuk membangun backlink. Anda bisa saja meminta situs yang Anda kenal untuk membuat tulisan Anda dan menyertakan backlink di dalamnya. Namun, cara ini kurang efektif. Cara yang lebih mudah untuk melakukannya adalah dengan menulis di situs-situs blogging dan publishing platform.

Situs-situs semacam ini umumnya gratis. Anda tinggal membuat akun dan mulai menulis di sana untuk membangun backlink. Simak beberapa situs dan publishing platform yang bisa Anda manfaatkan berikut ini.

1. Medium

Medium merupakan publishing platform yang dikembangkan oleh Evan Williams dan diluncurkan pada Agustus 2012. Menggunakan konsep social journalist, Anda bisa menemukan penulis amatir hingga penulis profesional di Medium. Kebanyakan tulisan bisa dibaca secara gratis dan beberapa di antaranya hanya bisa diakses setelah membayar biaya berlangganan.

Untuk bisa membuat tulisan di Medium, Anda harus mendaftarkan diri terlebih dahulu. Bisa menggunakan akun G-mail atau Facebook Anda jika ada. Semua tulisan yang sudah di-posting bisa dibagikan seperti di Twitter, bisa di-upvote seperti di Reddit, dan dapat dikelompokkan ke tema yang spesifik seperti Tumblr.

Lalu, apakah bisa membuat backlink dengan tulisan di Medium? Tentu saja bisa. Namun, perlu diketahui bahwa Medium menggunakan atribut nofollow untuk setiap link yang ditautkan. Artinya, backlink yang dibuat tidak akan berpengaruh secara langsung pada SEO Anda.

Meski begitu, bukan berarti membangun backlink dari Medium sama sekali tidak membawa manfaat. Ada beberapa hal yang bisa Anda dapatkan ketika memperoleh backlink dari Medium seperti:

  • Eksposur ke pembaca yang luas. Medium memiliki jutaan pengguna dan basis pembaca yang besar. Menuliskan konten yang berkualitas memberi Anda kesempatan untuk menjangkau lebih banyak pembaca.
  • Kesempatan menjalin kerja sama dengan tenaga profesional dan kreatif lainnya. Jika Anda memiliki kemampuan menulis dengan berbagai tema, ini adalah kesempatan emas bagi Anda. Dari beragam jenis tulisan ini, Anda bisa menargetkan penulis dan pembaca tertentu. Tidak hanya memperoleh backlink organik dari mereka, kesempatan untuk melakukan kolaborasi dengan banyak orang juga makin besar.
  • Posting silang atau sindikasi. Medium adalah platform yang cukup fleksibel. Anda bisa mengimpor entri blog Anda dari WordPress melalui opsi ‘Import Medium’. Secara default, Medium akan menambahkan tag ‘rel=canonical’. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir bersaing dengan diri Anda sendiri dalam hasil penelusuran Google.

2. Quora

Quora adalah sebuah situs tanya jawab asal Amerika Serikat yang cukup populer. Seperti namanya, cara kerja Quora sangat mudah. Pengguna bisa mengajukan pertanyaan maupun menjawab pertanyaan dari pengguna lain. Hingga tahun 2020, situs ini memiliki 300 juta kunjungan unik setiap bulannya.

Sama seperti Medium, Quora juga menyertakan atribut nofollow untuk tautan yang disertakan. Artinya, Anda tidak akan mendapatkan ‘link juice’ yang mengarah ke situs pribadi Anda. Meski begitu, bukan berarti melakukan backlink building dari Quora sama sekali tidak bermanfaat.

Berkat interface yang ramah pengguna serta komunitas yang banyak, Quora ibarat toko serba ada untuk semua jenis pertanyaan. Platform ini menghasilkan banyak sekali engagement antar pengguna yang akan sangat membantu mereka dalam backlink building. Untuk memberi gambaran seberapa besar Quora berpengaruh dalam membangun backlink, pertimbangkan statistiknya berikut ini:

  • Ada 300 juta pengguna lebih setiap bulannya.
  • Ada lebih dari 400.000 topik yang dibicarakan di sana.

Dengan kedua pertimbangan ini, Anda bisa membayangkan seberapa besar kemungkinan Anda memperoleh backlink dan bagaimana dampaknya bagi peningkatan brand awareness perusahaan Anda.

Mengapa Quora dianggap sebagai salah satu situs terbaik untuk membangun backlink? Jawabannya sangat sederhana. Quora memungkinkan Anda berkomunikasi langsung dengan orang-orang yang tertarik dengan topik yang Anda kuasai. Daripada berharap pembaca yang datang kepada Anda, Anda bisa menjangkau mereka dengan cara yang lebih natural.

Jawaban Anda juga akan terus dilihat oleh pengguna seiring berjalannya waktu. Ini bisa menciptakan koneksi yang kuat dan memungkinkan Anda mengarahkan traffic ke situs pribadi Anda dalam jangka panjang. Usahakan untuk menulis jawaban pada pertanyaan yang memiliki relevansi dengan website atau bisnis Anda agar pengguna lain bisa memperoleh informasi yang mereka butuhkan.

3. WordPress

WordPress adalah situs Content Management System yang memungkinkan siapa saja membangun website, forum, hingga mailing list. Digunakan oleh lebih dari 60 juta users, WordPress juga bisa menjadi sarana bagi Anda untuk memperoleh backlink.

Jenis backlink yang ditautkan pada WordPress biasanya berbeda-beda. Pada mode default, Anda akan menemukan dofollow links. Namun, pemilik situs bisa mengubah atributnya menjadi nofollow. Biasanya ini dilakukan untuk menghindari adanya komentar spamming.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menarik situs berotoritas tinggi dan populer agar mereka membuat tautan (memberikan backlink) ke situs Anda. Apa saja?

  1. Buat posting blog yang bisa ditindaklanjuti. Menulis sesuatu yang informatif memang penting. Ini sama halnya dengan memberikan ilmu gratis kepada orang lain. Namun, kalau ingin orang lain menautkan halaman tersebut ke situs mereka, buatlah posting yang bisa ditindaklanjuti. Misalnya saja dengan membuat daftar panduan langkah demi langkah atau konten lain yang bisa dimanfaatkan oleh orang yang berkunjung ke blog Anda.
  2. Membuat guest article. Guest article pada dasarnya sama dengan guest posting. Anda bisa menulis untuk blog lain (tentu saja dengan mengikuti panduan yang mereka inginkan). Ketika menulis untuk guest article, tidak perlu repot memikirkan untuk memasukkan tautan ke tulisan karena biasanya pihak host tidak akan menyetujuinya. Sebagai ganti, masukkan tautan pada bio Anda.
  3. Buat konten yang bisa bertahan lama. Konten berupa e-book, buku manual, dan tutorial biasanya bisa bertahan lama dan akan dibaca terus menerus. Ini akan menjadi kesempatan emas bagi Anda untuk membuat tautan Anda di-klik oleh banyak orang.

4. Blogger.com

Blogger adalah salah satu situs free-blogging yang sangat populer. Selain mudah digunakan, Blogger memungkinkan siapa saja yang memiliki passion menulis untuk membuat konten mereka sendiri. Anda bisa menggunakan kolom komentar pada akun Blogger milik orang lain untuk menuliskan tautan. Kebanyakan blog memiliki kolom komentar dengan tautan dofollow (kecuali pemiliknya membuat atribut sebaliknya).

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memperoleh backlink dari Blogger antara lain:

  • Menjangkau blogger lain untuk menyertakan tautan. Cara ini memang terbilang sulit tetapi bisa memberikan backlink berkualitas. Secara ringkas, Anda harus menghubungi pemilik blog untuk bisa mendapatkan backlink dari mereka. Pastikan blog tersebut memiliki niche sejenis.
  • Tulis konten secara mendalam. Blogger atau jurnalis sering mencari bagus untuk ditautkan ke dalam tulisan mereka. Tautan yang relevan akan meningkatkan kredibilitas situs. Buatlah konten atau tulisan yang bisa memberikan pengetahuan atau pandangan yang mendalam. Jangan lupa promosikan konten Anda di dalam komunitas blogger agar mereka lebih mudah menemukannya.
  • Berpartisipasi dalam link roundup. Link roundup pada dasarnya adalah daftar artikel terbaik yang dikurasi seputar topik tertentu oleh para blogger dengan jangka waktu mingguan, bulanan, bahkan tahunan. Biasanya ada proses pengiriman yang memungkinkan orang mengirimkan tautan sebelum tenggat waktu yang diminta.

Jika beruntung, postingan Anda akan masuk ke dalam roundup dan bisa dilihat oleh lebih banyak audiens. Kirimkan link sebanyak-banyaknya untuk memperoleh hasil yang maksimal.

5. Livejournal.com

Livejournal.com adalah layanan jejaring sosial milik Rusia tempat para penggunanya bisa menyimpan blog, jurnal, atau sekadar catatan harian. Situs ini memiliki cara kerja yang mirip dengan media sosial lain sehingga semua link yang ditautkan akan diberi atribut nofollow.

Banyak pengguna yang memanfaatkan guest posting di Livejournal untuk memperoleh backlink. Dengan jumlah pengguna lebih dari 30 juta, tautan nofollow yang dimuat dalam situs ini akan cukup bermanfaat untuk meningkatkan brand awareness bisnis Anda.

6. Tumblr.com

Dimiliki oleh Automattic, Tumblr adalah platform blogging yang memiliki cara kerja mirip dengan WordPress dan Blogspot. Konten di dalamnya sangat mudah dibagikan, disukai, dan di-repost karena strukturnya mirip sekali dengan Twitter, Pinterest, dan Instagram. Karena alasan inilah, banyak praktisi SEO yang memanfaatkan Tumblr untuk membangun backlink yang berkualitas.

Jika Anda menggunakan Moz untuk memeriksa metrik otoritas domainnya, Tumblr memiliki nilai 60. Artinya, situs ini relatif tepercaya dan cukup kredibel. Ketika Anda membuat blog di Tumblr, Anda akan mendapatkan subdomain di situs mereka (blogsaya.tumblr.com). Anda akan melihat bahwa blog baru yang dibuat di Tumblr sebagai subdomain dimulai dengan metrik otoritas halaman 30, dan sering kali tumbuh dengan cepat saat mendapatkan tautan dan lalu lintas.

Namun, perlu diingat bahwa Google tidak menganggap subdomain memiliki kredibilitas dan otoritas yang sama dengan situs utamanya. Terlebih lagi, karena blog Tumblr berada di subdomain, postingan Tumblr tidak akan memiliki potensi peringkat yang sama dengan misalnya postingan di Medium. Jadi, ketahuilah bahwa tautan dari subdomain Tumblr tidak sama dengan mendapatkan tautan dari Tumblr itu sendiri. Hanya saja, bukan berarti membangun backlink dari Tumblr tidak bermanfaat.

Untuk membuat backlink melalui Tumblr, simak langkah-langkahnya berikut ini:

  • Buat akun Tumblr. Membuat akun di Tumblr sangat mudah. Setelah selesai, Anda bisa melakukan kustomisasi sesuai dengan selera. Jangan lupa tautkan situs pribadi Anda ke kolom deskripsi karena ini bisa menjadi cara yang bagus untuk mendapatkan backlink.
  • Buat konten Anda. Tumbrl bukanlah tempat untuk membuat posting blog lengkap. Ceruknya terletak pada konten yang berukuran kecil seperti meme, foto, infografis, uraian singkat, hingga kutipan. Untuk mendapatkan followed link/dofollow link, Anda harus memosting foto.
  • Posting konten Anda disertai dengan backlink-nya. Jangan lupa bahwa untuk membuat tautan Anda menjadi followed link, Anda harus memosting foto. Jadi, saat Anda diminta untuk memilih media, pilih ‘Foto’. Jendela tempat untuk mengunggah foto akan terbuka. Setelah itu cari ikon tautan di kiri bawah gambar untuk menautkannya.

Memilih Jasa Backlink

Semua pemilik situs tentu ingin membangun backlink yang berkualitas untuk situsnya. Tidak hanya demi meningkatkan traffic, tetapi juga konversi yang penting bagi perusahaan. Namun, menemukan dan menempatkan backlink yang berkualitas bukanlah hal yang mudah. Untuk menjawab masalah ini, ada jasa backlink yang bisa Anda manfaatkan.

Jasa backlink ini hadir untuk memberikan solusi bagi pemilik situs yang ingin peringkat dan domain authority-nya naik pesat. Caranya adalah dengan menanamkan backlink pada situs-situs yang berkualitas.

Jika Anda ingin menggunakan jasa backlink untuk melakukan backlink building situs Anda, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Simak ulasan selengkapnya berikut ini!

1. Fokus pada Kualitas Backlink

Jasa backlink biasanya tahu bagaimana menanamkan backlink berkualitas ke sebuah situs. Backlink yang memiliki kualitas umumnya berasal dari situs pemerintah, kampus, dan media besar yang punya skor domain authority lebih dari 40. Memiliki sedikit backlink yang berasal dari situs-situs tepercaya jauh lebih penting ketimbang melakukan backlink building dengan banyak situs yang masih dipertanyakan otoritasnya. Jika Anda tidak bisa melakukannya sendiri, jasa backlink siap mewujudkannya untuk Anda.

2. Kualitas Layanan

Sama seperti penyedia jasa lainnya, Anda harus memastikan bahwa layanan yang diberikan memang sesuai dengan yang dijanjikan di awal. Beberapa layanan yang biasanya ditawarkan antara lain:

  • Layanan penanaman backlink yang bersifat permanen. Anda tidak perlu khawatir suatu saat backlink Anda akan hilang atau dihapus.
  • Tidak menggunakan bot. Banyak penyedia jasa backlink yang ingin memproses penanaman backlink dengan cepat lewat mesin atau bot. Hal semacam ini sebaiknya dihindari karena efeknya bisa buruk untuk situs Anda.
  • Proses indexing secara manual. Indexing secara manual akan membuat backlink ke situs Anda terindeks pada mesin pencari dan meningkatkan peringkat Anda di Google.

Beberapa penyedia jasa backlink tidak hanya fokus dalam menanamkan backlink saja. Anda mungkin akan memperoleh berbagai jenis penawaran tambahan yang berhubungan dengan SEO. Anda tentu tidak harus menerima semua layanan yang diberikan. Namun, jika Anda membutuhkan dan ada penawaran harga yang bagus, tidak ada salahnya membeli layanan tambahan.

3. No Black Hat Backlinks

Black hat backlink pada dasarnya merupakan salah satu bentuk praktik black hat SEO yang melanggar panduan yang sudah ditetapkan oleh mesin pencari. Tujuannya tentu saja memperoleh peringkat yang lebih tinggi. Cara ini dianggap tidak etis. Meski awalnya berjalan lancar sesuai rencana, kemungkinan situs kena penalti akan makin besar.

Beberapa cara yang kerap digunakan oleh praktisi SEO black hat untuk membuat backlink adalah:

  1. Memperjuabelikan Tautan

    Memperjualbelikan tautan untuk dijadikan backlink dianggap sebagai bentuk manipulasi yang melanggar panduan Webmaster Google. Jika hal ini terdeteksi, pihak yang membeli dan menjual sama-sama bisa mendapatkan sanksi. Kalau Anda pernah membeli atau menjual link tanpa tahu kalau itu termasuk praktik black hat SEO dan backlinks, ada baiknya segera hapus dan disavow tautan tersebut.
  2. Spam di Kolom Komentar

    Melakukan spam di kolom komentar untuk membangun link adalah salah satu praktik black hat backlink yang sebaiknya dihindari. Pastikan bahwa Anda hanya menuliskan komentar dan memberikan tautan yang relevan dengan isi postingan.
  3. Menggunakan Link Farm

    Link farm adalah situs web atau kumpulan situs yang dikembangkan hanya untuk tujuan membuat backlink. Setiap situs web tertaut ke situs atau situs yang mereka ingin peringkat lebih tinggi di mesin pencari. Mesin pencari memberi peringkat sebuah situs dengan melihat jumlah tautan yang mengarah ke situs tersebut.

    Black hat SEO memanfaatkan ini dengan menggunakan kumpulan tautan untuk meningkatkan jumlah tautan balik yang dimiliki situs tertentu. Link farm sering kali memiliki konten berkualitas rendah dan banyak tautan. Tautan biasanya berisi kata kunci yang mereka inginkan agar peringkat situs dalam teks tautan naik.

    Mesin pencari seperti Google dapat dengan mudah mendeteksi kumpulan tautan dan Anda harus menghindarinya. Sebagai gantinya, Anda harus menggunakan taktik SEO white hat seperti membuat konten yang bagus, menggunakan infografis, data, wawancara, atau konten lainnya yang memungkinkan Anda memperoleh tautan balik secara alami dari waktu ke waktu.
  4. Menggunakan PBN (Private Blog Networks)

    Private Blog Networks adalah sekumpulan situs web resmi yang hanya digunakan untuk melakukan backlink building. Cara kerjanya mirip dengan farm links dengan kumpulan tautan yang dibuat dengan tujuan membesar-besarkan jumlah backlink yang mengarah ke sebuah situs. Setiap situs PBN akan menautkan ke situs yang ingin ditingkatkan peringkatnya, tetapi tidak terhubung satu sama lain.

    Praktisi black hat SEO biasanya membuat PBN dengan membeli domain kedaluwasta yang sudah punya otoritas. Mereka akan menulis konten yang mirip dengan yang sudah ada di domain sebelum kedaluwarsa dan menambahkan tautan ke situs mereka sendiri. Dengan cara ini mereka berharap mesin pencari tidak akan menyadari bahwa merekalah yang mengontrol jaringan untuk meningkatkan ranking situs mereka sendiri dalam hasil penelusuran.

    Mesin pencari makin pintar dalam mengenali PBN dan situs Anda dapat terkena hukuman berat jika Anda menggunakan PBN untuk meningkatkan peringkat situs Anda di mesin penelusur. Daripada menggunakan jasa backlink yang memanfaatkan PBN, lebih baik Anda fokus dalam meningkatkan kualitas konten Anda untuk memperoleh tautan balik secara alami.

4. Ada Report atau Laporan Backlink yang Sudah Dikerjakan

Penyedia jasa backlink yang baik tidak hanya akan menggunakan metode white hat untuk membangun link bagi situs klien mereka. Transparansi dalam proses kerja dan hasil juga diperlukan untuk membuktikan kredibilitas. Laporan terkait backlink mana yang sudah dikerjakan dan bagaimana hasilnya juga perlu diketahui oleh klien.

Laporan yang disertakan biasanya mencakup nilai UR (URL Rating) dan DR (Domain Rating). Detail lain mencakup organic traffic, organic keyword, hingga backlink apa saja yang berkualitas juga disertakan dalam laporan. Anda juga bisa mengetahui bagaimana perkembangan situs Anda setelah menggunakan jasa backlink lewat Google My Busines dan Google Review.

5. Janji Manis Bukan Jaminan

Seperti halnya penyedia jasa lain, penyedia jasa backlink juga kerap memberikan berbagai penawaran. Di awal, semuanya mungkin akan terdengar manis dan Anda mulai berekspektasi dengan janji-jani yang ditawarkan.

6. Kredibilitas dan Testimoni Pelanggan Real

Cara paling mudah menemukan penyedia jasa backlink adalah lewat internet. Di situs perusahaan, Anda akan menemukan informasi lengkap terkait profil perusahaan, jenis layanan yang ditawarkan, hingga testimoni dari pelanggan sebelumnya. Untuk testimoni, penting untuk mempertimbangkan isinya.

Ketimbang testimoni yang berasal dari situs penyedia layanan, Anda bisa mendapatkan ulasan dari media sosial atau pengguna yang real. Hal ini penting untuk memastikan bahwa ulasan yang diberikan memang asli dan tidak dibuat-buat.

Melakukan backlink building memang tidak semudah kelihatannya, baik itu Anda lakukan sendiri atau dengan menggunakan jasa backlink. Pastikan Anda tidak melakukan praktik SEO black hat dan pastikan semua langkah yang Anda lakukan tidak melanggar Panduan Webmaster Google. Dengan cara ini, situs Anda akan mendapatkan kredibilitas, otoritas, serta peringkat yang makin tinggi.